Update Harga Domba Texel dan Update Super Texel Terbaru di Bandung

Berapa harga domba Texel dari semua ras tahun ini? Dinamakan berdasarkan asal usulnya, Pulau Texel terletak di Provinsi Belanda Utara, Belanda. Daging domba texel dikenal sebagai daging unggul di seluruh dunia, karena dagingnya yang sangat ramping.
Genetika domba texel sendiri mempunyai otot yang sangat kuat, badan yang besar dan berat, serta mempunyai bulu yang berwarna putih keabu-abuan. Domba texel terdapat hampir disetiap negara, termasuk Indonesia.
Wol domba hampir identik dengan wol Merino. Perbedaan domba Texel dan Merino justru terletak pada bulunya. Texel memiliki wol tetapi hanya di badannya. Itu tidak menutupi wajah atau kaki.
Berbeda dengan Merino, domba ini memiliki bulu yang panjang dan tebal di seluruh anggota tubuhnya. Domba Merino memiliki bulu di wajah dan kakinya, menjadikan mereka produsen kain wol paling produktif di dunia.
Lalu berapa harga domba Texel fullblood, super atau cross saat ini? Berikut sedikit informasi tentang sejarah Texel, daging domba potong yang menjadi populer di Indonesia.
Sejarah dan Harga Domba Texel di Indonesia
Domba Texel diekspor ke lebih dari 35 negara di seluruh dunia pada abad ke-18, termasuk benua seperti Eropa, Amerika, dan Oseania. Populasi domba Texel terus meningkat dari waktu ke waktu di negara tujuan tersebut. Domba Texel terkenal dengan kemampuan beradaptasi dan daya tahannya yang sangat baik.
Texel juga diperkenalkan ke Indonesia oleh Belanda pada tahun 1970an. Awal pembangunannya berpusat di Jawa Barat, kemudian menyebar hampir ke seluruh Pulau Jawa.
Wol texel digunakan dalam tekstil, dan dagingnya juga rendah lemak. Produksi wool Texel masih belum sebanding dengan Merino sehingga berdampak besar terhadap perekonomian suatu negara.
Sampai saat ini peternakan domba Texel berpusat di Afrika, Belanda dan Australia. Texel Indonesia merupakan mayoritas dari grup ini. Harga Texel ditentukan oleh kualitas, ras atau keturunannya.
Texel super mulai 1,75 jutaan untuk wanita usia 6-7 bulan. Sedangkan laki-laki dengan umur dan jenis yang sama harganya sekitar 2 jutaan.
Namun jangan salah, Texel tetap menjadi investasi berharga. Golongan darah lengkap untuk pria dewasa bisa menghabiskan biaya hingga 60 juta dolar.
Rekor domba Texel termahal dipegang oleh domba bernama Double Diamond. Dia adalah seorang fullblood Texel berukuran besar yang dijual pada lelang di Skotlandia pada tahun 2021 seharga $490,000 atau sekitar 7,2 miliar rupiah!
Ciri-ciri dan Ciri-Ciri Domba Texel di Indonesia
Di Indonesia, harga domba Texel (super persilangan) sangat terjangkau. Hal ini membuat jenis domba ini populer. Domba texel darah utuh memberikan dampak positif terhadap peternakan dan kualitasnya.
Untuk lebih memahami domba-domba ini, penting untuk mempelajari karakteristik mereka terlebih dahulu. Berikut beberapa ciri umumnya.
Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia
Ciri-ciri fisik domba texel dapat dilihat. Secara fisik domba texel berbeda dengan domba penghasil wool, karena ukuran domba texel lebih besar. Domba texel memiliki beberapa ciri lain yang melekat pada tubuhnya.
1. Badan berotot besar/besar
Tubuhnya yang besar dan berotot adalah ciri yang paling mencolok. Texel juga menjadi salah satu domba yang paling diminati di seluruh dunia karena hal ini. Texel tidak hanya terkenal dengan dagingnya tetapi juga penghasil wolnya. Texel memiliki tubuh yang berotot sehingga dagingnya tidak terlalu menggemukkan.
2. Wajah Domba Texel Putih
Selanjutnya tampak depan domba texel mempunyai muka yang berwarna putih bersih. Domba ini memiliki wajah yang biasanya bebas bulu panjang. Hanya rambut pendeknya yang menonjolkan bentuk kepala khas Texel.
3. Tidak Ada Rambut di Kaki dan Kepala
Wol tidak tumbuh di kaki Texel kecuali di kepala. Sehingga tampilan dari domba ini ‘lebih keren’ dibandingkan domba atau kambing pada umumnya. Rambut yang hanya ada di badan dan ekornya membuatnya tampak semakin besar.
Domba texel dewasa dapat memiliki berat sebanyak 160 kg. Texel, domba pedaging raksasa, terkenal dengan bobotnya yang berat. Kambing Boer merupakan kambing raksasa daging.
4. Telinga Pendek ke Atas
Bentuk telinga menjadi ciri fisik selanjutnya. Telinga Texel sama saja, baik domba mahal maupun murah, yaitu pendek dan atas. Telinganya tampak menghadap ke depan
n (dengan posisi hampir horizontal).
5. Domba Texel memiliki hidung dan kuku berwarna hitam
Jika Anda berkesempatan untuk melihat lebih jauh secara fisik, perhatikanlah hidung dan kuku domba Texel. Kuku kaki dan hidungnya berwarna gelap (hitam).
Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia
Dari sifat domba yang jinak, kita mendapatkan seekor merpati. Bukan galak seperti adu kambing. Sebaliknya, domba betina Texel mudah bergaul dan bersahabat dengan manusia. Sedangkan untuk domba texel jantan sedikit lebih agresif dibandingkan domba betina. Lebih detailnya berikut karakter domba texel.
1. Tetap mudah dipindahkan meski ukuran badannya besar
Tubuhnya besar, namun bulu-bulu di atasnya membuatnya semakin besar. Domba texel masih bisa bergerak dengan eas. Pasalnya, struktur genetik domba texel memang seperti itu sehingga tetap mampu menghasilkan daging berkualitas dunia di setiap bagian tubuhnya.
2. Mudah diperbanyak
Para peternak bersukacita! Domba Texel tidak terdapat pada domba Texel, sehingga meningkatkan produktivitas peternakan. Gibasbarokah.com menawarkan domba Texel dengan harga terjangkau.
3. Pertumbuhan Sangat Cepat Melebihi Domba Broiler Lokal
Texel tumbuh sangat cepat, seperti semua domba potong. Persediaan makanan harus cukup untuk makanan sehari-hari. Berdasarkan penelitian, pertambahan berat badan Texel fullblood dewasa per hari berkisar antara 300 gram hingga 600 gram.
4. Perawatan Mudah, Daya Tahan Tubuh Kuat, dan Mudah Beradaptasi
Selain itu, perawatan domba Texel sangatlah mudah. Di kampung halamannya di Pulau Texel, domba ini telah belajar bagaimana beradaptasi dalam kondisi ekstrim. Dari kemampuan beradaptasi dan kemampuan tubuh dalam mengobati dirinya sendiri, kita bisa memulainya dengan ketahanannya yang kuat terhadap penyakit.
5. Kalau Kamu Bisa Ramah, Maka Kamu Bisa Punya Hewan Peliharaan
Jika Anda suka menjadikan domba atau kambing sebagai teman bermain Anda, maka Texel adalah pilihan yang tepat. Kambing Kerdil mempunyai ukuran yang kecil, dan dimanfaatkan terutama sebagai kambing hias. Texel memiliki ukuran yang sangat besar dan merupakan kambing yang lucu dan menggemaskan.
Untuk mendapatkan penawaran harga Domba Texel dan jenis domba lainnya baik fullblood maupun blasteran dapat menghubungi kami di peternakan modern Gibas Barokah (GB Farm Ngawi). Informasi kontak dan informasi lainnya dapat ditemukan di website kami gibasbarokah.com atau di akun media sosial kami dengan nama yang sama.
Cara Beternak Domba Texel di Indonesia
Fokus utama dalam beternak domba broiler seperti Texel adalah agar dombanya cepat gemuk dan cepat besar. Apakah hanya terletak pada pola dan jenis pakan dombanya saja? Faktor-faktor ini, meskipun tidak hanya ditentukan oleh jenis dan pola pakan, namun tetap merupakan faktor yang paling penting.
Anda juga bisa memelihara domba Anda dengan berbagai cara, antara lain membersihkan, merawat kandang, menilai kondisi fisiknya, dll. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.
1. Perhatikan kandangnya, pastikan kandangnya ideal untuk proses penggemukan
Ada berbagai jenis kandang ayam pedaging berdasarkan umurnya. Ada kandang bersama untuk beberapa domba, serta kandang individu untuk memelihara hewan. Tujuannya agar domba tidak merasa stres dengan memperhatikan kandangnya.
Ternyata stres bisa berakibat fatal bagi pertumbuhan domba. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: kandang yang tidak nyaman, sering dilalui orang, tidak ada sinar matahari, dan terlalu lembab/kering.
2. Pola dan komposisi pakan domba yang seimbang
Pakan merupakan faktor yang sangat penting, oleh karena itu pola dan komposisinya harus tepat. Semakin besar ukuran domba texel maka semakin banyak nutrisi yang dibutuhkannya. Umumnya nutrisi tersebut terbagi menjadi protein dan energi.
Secara umum pakan ada dua jenis yaitu pakan hijauan dan pakan konsentrat. Pakan konsentrat antara lain dedak padi (dedak merupakan campuran jagung, singkong dan dedak padi), ampas atau lumpur tahu, bungkil kelapa dan singkong. Sedangkan pakan hijauannya antara lain rumput gamal, kaliandra, daun lamtoro, rumput gajah, dan daun pisang.
Jumlah pakan konsentrat yang dibuat dari bahan-bahan di atas sangat sedikit, sekitar 1-3%. Untuk pakan hijau (yang merupakan pakan utama) sekitar 10-25% dari total bobot domba.
Peternak bebas menambahkan pakan lain asalkan sudah diuji secara menyeluruh atau berdasarkan pengalaman sebelumnya. Hal yang sama berlaku untuk pakan fermentasi atau buatan. Karena harga domba Texel yang mahal maka pola dan komposisi di atas perlu diperhatikan.
3. Perawatan Fisik Tubuh Domba
Domba texel, tidak seperti kambing, memiliki tubuh berbulu tebal. Maka dari itu perawatan fisik juga perlu diberikan oleh para peternak, minimal 1 atau 2 kali dalam sebulan. Beberapa anjuran perawatannya antara lain memandikan domba untuk membersihkan, merawat bulu dan memangkas kuku domba (umumnya setiap enam bulan sekali).
Anda bisa melakukan semuanya
Jika Anda merawat tubuh domba Anda, mereka akan merasa lebih nyaman. Mereka akan siap tumbuh menjadi raksasa daging.
4. Pengendalian Penyakit Domba Texel Secara Teratur
Hal berikutnya yang perlu dilakukan peternak adalah mengontrol kesehatan domba Texel. Pastinya Anda sudah tahu apa saja yang harus diperiksa pada domba. Beberapa contohnya antara lain pada mata, hidung, mulut, kaki, anus, perilaku, dan gejala lainnya.
Pastikan untuk menjaga mulut, hidung dan mata tetap bersih (tidak ada lendir). Keempat kaki domba harus menopang tubuhnya sehingga dapat bergerak bebas. Anda juga harus memeriksa bagian perut untuk memastikan tidak miring. Sedangkan dari anus biasanya untuk mendeteksi jenis penyakit yang menyerang.
Peternak juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan dengan mengamati tingkah laku dan tingkah laku pada dombanya, terlepas dari apakah itu wajar atau tidak. Jika ada gejala lain yang tidak biasa, pisahkan dari domba lainnya. Anda dapat memindahkan domba yang sakit ke kandang isolasi khusus sebelum memeriksa lebih detail.
5. Berikan Suplemen dan Vitamin jika Dibutuhkan
Cara beternak domba Texel selanjutnya adalah dengan menggunakan suplemen khususs atau vitamin. Para peternak mempunyai cara tersendiri dalam menjaga pertumbuhan domba agar tetap optimal. Anda dapat menggunakan suplemen yang dibuat oleh produsen, atau suplemen sayuran yang difermentasi.
Domba yang sakit membutuhkan pengobatan dan perawatan berkelanjutan. Kami dengan senang hati memberi Anda petunjuk jika Anda telah membeli domba dari GB Farm. Layanan ini menjadi bukti GB Farm Ngawi peduli dengan setiap pembelian Anda.
Gibas Barokah Farm memiliki harga Domba Texel yang paling murah.
Jika Anda tertarik dengan domba tipe Texel, maka golongan darah lengkap (100% murni asli dengan Sertifikat Peternakan Australia/Afrika) adalah pilihan terbaik. GB Farm dapat memberi Anda persilangan yang menghasilkan persilangan antara domba broiler super dan domba Texel.
GB Farm merupakan peternakan modern yang menyediakan berbagai kebutuhan untuk Anda. Mulailah dengan jenis domba: Dorper, Awassi Garut, Merino Suffolk dan Texel. Juga jenis kambing seperti Boer, Anglo Nubians, Alps Saanen Pygmy Pygmy Pygmy dan kambing kurban. Serta berbagai peralatan penunjang peternakan atau hasil olahannya.
#dombatexel #texel #domba #dombatexeljantan #dombatexelbetina #dombatexelbunting #dombabunting