Mengenal Kubah Enamel dan Kelebihannya

 

Masjid yaitu rumah ibadah umat muslim sebagai ikon keberasan umat muslim. Tak heran jika pembangunan masjid dibuat semakin indah dan megah, termasuk memasang kubah. Saat ini berkembang berbagai jenis kubah yang dipasang dalam pembangunan masjid. Salah satunya kubah masjid enamel.

Bagi Anda yang sedang mencari referensi mengenai jenis kubah seperti kubah enamel ini, maka penting untuk menyimak penjelasan ini hingga habis.

Penjelasan  Kubah Enamel

Pastinya banyak yang penasaran mengenai apa itu kubah enamel? Sebenarnya kubah enamel ini merupakan metode baru yang dipakai dalam pembuatan konstruksi kubah. Arsitek saat ini memiliki kreativitas dan inovasi dalam membuat bentuk kubah untuk mempercantik masjid.

Kubah enamel adalah suatu kubah yang dibuat dari beton dengan metode tertentu. Bahan kubah enamel sebenarnya sama yakni terbuat dari beton namun pada jenis enamel ini terdapat juga kandungan coating dan proselin.

Tidak hanya itu, kubah enamel ternyata mempunyai penangkal petir. Hal ini akan sangat berguna sebab ketika kubah dipasang pada posisi yang cukup tinggi maka tidak akan khawatir apabila tersambar petir.

Kelebihan Kubah Enamel

Kubah enamel mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan jenis kubah lainnya. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1.     

1. Cocok Dipasang Pada Daerah Tropis

Bahan pembuat kubah enamel memiliki ketahanan terhadap panas. Hal ini menjadikan kubah enamel cocok dipasang pada wilayah beriklim panas ataupun tidak terlalu panas. Pada berbagai wilayah di Indonesia, pastinya Anda sering menemukan kubah jenis ini.

2.      2. Memiliki Ketahanan terhadap Cuaca

Tidak hanya memiliki sifat tahan terhadap panas, ternyata kubah enamel juga memiliki ketahanan pada cuaca yang hujan atau suhu terlalu tinggi. Apabila musim kemarau panjang maka kubah ini tetap tahan digunakan sekalipun ketika musim penghujan maka Anda tidak perlu takut kubah berlumut.

3.     

3. Tahan terhadap cat

Kubah enamel apabila dibandingkan terhadap jenis kubah lainnya ternyata lebih tahan terhadap cat. Hal ini artinya bahwa kepekaan cat pada kubah enamel memiliki ketahanan yang lebih lama sehingga tetap terjaga dan tidak pudar dalam jangka waktu bertahun-tahun.

4.      4. Biaya Perawtaan Hemat

keawetan cat pada kubah enamel ini menyebabkan pengelola masjid bisa lebih hemat dalam perawatan kubah masjid. Anda tidak perlu mengkhawatirkan perawatan kubah yang mahal sebab pada kubah enamel biaya perawatan sangat terjangkau.

5.      5. Harga yang Murah

Meskipun mempunyai kualitas yang mumpuni, nyatanya harga kubah enamel diketahui tidak mahal dan relatif terjangkau. Tak heran jika peminat kubah jenis ini sangat banyak di Indonesia.

6.      6. Memiliki Penangkal Petir

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kubah enamel dilengakpi dengan penangkal petir. Hal ini menjadi keunggulan yang tidak bisa dilupakan dan tidak dimiliki jenis kubah lainnya sebab kubah lebih aman diletakkan pada posisi tinggi.

Beberapa kelebihan diatas bisa menjadi dasar pertimbangan bagi Anda dalam memilih jenis kubah yang dipasang pada bangunan masjid. Anda harus memilih secara tepat jenis kubah yang cocok dan paling sesuai dengan bangunan masjid yang didirikan. Dengan demikian, maka masjid yang dibangun dapat lebih megah, indah, dan menarik lebih banyak orang untuk beribadah.

Bagi Anda yang tertarik untuk memesan jenis kubah enamel, kami sebagai konstruksi dapat membantu mewujudkan pemasangan kubah enamel pada bangunan masjid Anda. Pemasangan kubah tentu membutuhkan tenaga ahli khusus yang dapat memasang posisi kubah yang sesuai, salah satunya kami yang dapat membantu Anda dalam pemasangan kubah enamel secara tepat dan cepat.

 

https://hamdalahkubahkreasindo.com/